Analisis Pemasaran Kompetitif

 Kata kunci dalam frasa ini memberi kita petunjuk - "kompetitif". Analisis pemasaran yang kompetitif adalah studi mendalam tentang persaingan bisnis Anda dan pasar yang tersedia bagi Anda untuk memastikan anggaran iklan dan hubungan masyarakat Anda dihabiskan di tempat yang paling efektif. Untuk melakukan perencanaan strategis untuk masa depan perusahaan Anda, sangat penting untuk mengetahui siapa pesaingnya dan apa yang Anda hadapi untuk memastikan bahwa pangsa pasar Anda cukup untuk masa depan perusahaan Anda. Meningkatkan pangsa pasar adalah tujuan dari setiap analisis pemasaran yang kompetitif.  

Mengidentifikasi Kompetisi 

Siapa kompetisi dan bagaimana mereka bisa ditemukan? Karena Anda tahu persis produk atau layanan apa yang disediakan perusahaan Anda, Anda dapat menemukan pesaing Anda dengan mengidentifikasi produsen atau penyedia lain di pasar yang sama dengan yang Anda suplai. Ini bukan tugas yang sulit; Namun, itu membutuhkan penelitian. Pemasok yang bersaing tidak bersembunyi; mereka beriklan seperti perusahaan Anda.  

Halaman kuning buku telepon lokal Anda dapat menjadi titik awal untuk identifikasi kompetisi. Teliti Internet mencari siaran pers dan publikasi yang menggunakan deskripsi yang mirip dengan produk atau layanan Anda. Instansi pemerintah, Dunn dan Bradstreet, fitur majalah bisnis atau pekerjaan dari perusahaan riset swasta dapat mengungkapkan banyak hal tentang persaingan Anda dan bagaimana mereka beroperasi. 

Belanja Kompetisi Anda 

Jika Anda ingin tahu secara langsung tentang pesaing Anda, berbelanjalah bersama mereka. Misalnya, jika Anda berada di bisnis restoran, makanlah di restoran lokal yang memiliki kisaran harga yang sama dan pelanggan dengan perusahaan Anda. Jika Anda adalah bisnis pipa ledeng, mintalah seseorang menghubungi pesaing dan mempelajari harga panggilan layanan dan produk tertentu. Mengetahui sebanyak mungkin tentang kompetisi memungkinkan analisis pemasaran Anda untuk memasukkan detail daripada generalisasi. 

Perbandingan Tidak Berpihak 

Untuk benar-benar menganalisis kekuatan dan kelemahan perusahaan Anda, Anda memerlukan sumber yang tidak bias yang mau membandingkan perusahaan Anda dan pesaing. Anda dapat mempekerjakan peneliti pasar, menggunakan survei, membentuk kelompok fokus untuk mendapatkan pendapat yang sama sekali tidak bias tentang apa yang Anda lakukan benar dan salah dan bagaimana persaingan Anda menumpuk pada bisnis Anda.  

Ukur kekuatan Anda dan pastikan kekuatan ini dipertahankan atau ditingkatkan. Identifikasi kelemahan Anda dan buat rencana untuk meningkatkan area tersebut secara signifikan. Setelah Anda mengimplementasikan rencana Anda, kembalilah ke peneliti Anda yang tidak memihak dan dapatkan perbandingan lain untuk memastikan bahwa implementasi rencana strategis Anda telah efektif.